Minggu, 22 November 2009

Menteri atau artis ?

Saya teringat beberapa tahun lalu ketika menonton sebuah acara remaja di salah satu stasiun televisi swasta. Acara seperti ini ya yang disebut variety show ? Di dalamnya memuat beberapa sesi berbeda. Ada liputan, kuis, ramalan bintang, dan lain-lain. Salah satu sesi, entah namanya apa dibuat seperti format acara cepat tepat. Dua regu yang masing-masing terdiri dari dua atau tiga orang anak SMU (lupa) saling berebut menjawab pertanyaan – pertanyaan untuk memperoleh poin sebanyak-banyaknya.

Setelah beberapa pertanyaan, tiba sebuah pertanyaan yang membuatku tertawa saat salah satu peserta menjawab. Ini lucu, paling tidak bagiku. Pertanyaan itu adalah, siapa Menkominfo (yang menjabat saat itu tentunya) ? Dengan sigap seorang peserta memencet bel dan dengan suara lantang dan cepat menjawab,”Saiful Jamil !!”. Tidak banyak yang tertawa, kecuali sang pembawa acara yang di tangannya ada kunci jawaban bertuliskan SOFYAN JALIL. Saat jawaban yang benar dibacakan barulah ramai penonton tertawa. Respon penonton untuk tertawa itu sedikit lambat kemungkinan karena tidak banyak yang tahu siapa nama Menkominfo kita saat itu ataupun sekarang. Padahal sebenarnya cukup dengan mendengar nama SAIFUL JAMIL pun sudah bisa membuat kita tertawa.

Anak itu tidak salah. Dia mungkin hanya salah menyebut saja. Yang di otaknya mungkin sudah ada nama SOFYAN JALIL tapi entah karena terlalu ingin cepat menjawab atau terbayang-bayang wajah SAIFUL JAMIL hehehe hingga bibirnya jadi salah. Wajar sih kalau salah sebut. Dari segi pengucapan, kedua nama itu sekilas mirip. Wajar pula kalau ia terbayang si artis. Saat itu memang sang artis sedang “rajin-rajin”nya muncul di acara infotainment karena berbagai kontroversi yang dibuatnya.

Menurutku ini salah satu efek dari industri pertelevisian kita yang cenderung lebih mengejar profit. Infotainment yang kalau dihitung-hitung jatah tayangnya lebih banyak dibanding acara-acara yang bernilai edukasi, banyak diminati penonton. Dalam satu hari satu acara yang sama di satu stasiun televisi sampai muncul tiga kali dengan berita yang diulang-ulang. Belum lagi di stasiun televisi lain. Banyak peminatnya, banyak iklannya. Begitu ya kira-kira ?

Masyarakat jadinya lebih mengenal nama-nama artis dari yang super terkenal hingga yang tak tahu spesialisasinya sebenarnya apa (pemain sinetron kah, penyanyi kah, atau apa?) dibanding nama para menteri kita. Kalau saya adalah anak itu, saya akan membela diri dengan mengatakan,”Siapa suruh menterinya ganti-ganti melulu!".

Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak ingat. :)

4 komentar:

-Gek- mengatakan...

Ho oh, jangan tanya saya deh tentang nama-nama menteri.. kalo nama2 artis okelah. .hihihi..
*kabur*

Hana Mugiasih mengatakan...

Sama. Hikmah dari nonton acara ini adalah saya jadi tau kalau nama Menkominfo adalah Sofyan Jalil ! hehehehe

Raini Munti mengatakan...

tukeran link yok

echristoni mengatakan...

Iyy... Pasti sebagian besar warga Indonesia gak kenal para menterinya.... Termasuk saya..
Buat apa saya ngafaL. Gak keluar di soal UN sich. haha.....

Posting Komentar